GERBANG MAS KOTA TEGAL

Tidak lengkap apabila sebutan Tegal bahari namun untuk wisata airnya masih kurang. Mulai 15 Juni 2010 dibukalah Gerbang Mas Bahari Waterpark yang berlokasi di dekat Terminal Kota Tegal. Bahari Waterpark dibangun di areal seluas kurang lebih 5 hektar.

Bahari Water Park ini adalah salah satu dari 4 water park di Indonesia yang mempunyai Kolam Ombak setelah Jakarta, Solo dan Surabaya.

Dengan biaya Rp. 15.000 (Senin – Jumat) atau Rp. 25.000 (Sabtu – Minggu & hari libur) Anda bisa mencoba beberapa wahana seperti Kiddy Pool, Olimpic, Kolam Arus, Lapangan Futsal, dan masih banyak lagi.
Menuju ke Bahari Water Park, apabila dari arah Brebes, Bahari Water Park berlokasi di kiri jalan Pantura setelah Terminal Bis Kota Tegal. Namun apabila dari arah Pemalang, dari perempatan Maya, masih ke barat, hingga Pasific Mall, Hotel Baharai Inn, masih terus hingga kurang lebih 200 meter. Lokasinya di kanan jalan, namun hati-hati, saat berbelok, karena tidak ada lampu lalu lintasnya. Apabila bingung, di tengah jalan juga ada papan penunjuk lokasi. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi: (0283) 341392

 

PAI (PANTAI ALAM INDAH)

Kotategal.com - Kota Tegal memiliki wisata pantai yang berada di sebelah utara Kota Tegal, yaitu Pantai Alam Indah. Disini kita bisa menikmati keindahan pantai utara. Hanya dengan membayar tiket Rp 2rb/orang, kita sudah bisa masuk ke kawasan pantai. Murah kan??

Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan apabila berkunjung ke objek wisata ini karena disini banyak sekali kafe-kafe, warung-warung makan yang menyediakan makanan ringan, sea food, baso, dan lain-lain.  Anak-anak yang ingin berkeliling disekitar pantai juga disediakan kereta-keretaan, kita hanya membayar Rp  6 ribu untuk 2 orang (ibu dan anak).

Selain bisa menikmati keindahan pantai utara, pengunjung juga dapat melihat Monumen Bahari yang dibangun di atas lahan seluas ±12.000 meter persegi, terletak sekitar 20 meter setelah pintu masuk kawasan wisata Pantai Alam Indah.

Monumen Bahari di Kota Tegal, pada tanggal 20 Desember 2008 diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yaitu Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno.  Monumen Bahari ini memiliki bangunan induk pada bagian tengahnya yang digunakan sebagai ruang pameran. Di ruangan induk ini dipajang sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) yang sudah tidak terpakai lagi, seperti pesawat udara Nomad N-22, kendaraan tempur Pintam BRDM, kendaraan tempur tank PT 76, terpedo MK 44, meriam darat, ranjau tanduk, bouyance, lampu navigasi, jangkar dan rantai. Semua alat-alat ini adalah merupakan sumbangan dari TNI Angkatan Laut.

Keberadaan monumen ini diharapkan dapat mengembalikan semangat jiwa bahari masyarakat Tegal, karena Kota Tegal adalah daerah maritim dan juga menjadi cikal bakal terbentuknya Korps Mari nir TNI Angkatan Laut, pada tanggal 15 No vem ber 1945, dengan nama Corps Ma riniers. Tanggal 15 No vem ber 1945 kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Korps Marinir.
Pantai Alam Indah atau PAI adalah salah satu tujuan liburan untuk mereka yang mudik ke Kota Tegal. Tidak hanya pantai yang bisa dinikmati, tapi juga beragam objek wisata lain. Silahkan mampir jika Anda mudik lewat Pantura.

Anjungan, museum, waterpark dan kuliner siap memuaskan liburan Anda di PAI. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp 1.500 untuk menikmati 6 spot di bawah ini:

1. Anjungan pantai

Parkirlah kendaraan anda dan berjalanlah menuju anjungan di bibir pantai. Telusuri jalan hingga ke ujung anjungan yang berjarak lebih dari 100 meter, maka Anda seolah sudah berada di tengah lautan. Semilir angin pantai, deburan ombak, dan indahnya sunset bisa menjadi penghilang rasa penat yang melanda, berganti dengan pikiran yang segar.

Sambil menikmati panorama alam, kita bisa menikmati jajanan Khas kota Tegal yang banyak dijajakan oleh pedagang di depan gapura anjungan. Jangan lupa untuk mencicip segarnya air kelapa muda. Jika ingin berinteraksi dengan alam, cobalah untuk memancing di tempat santai di ujung anjungan. Mengabadikan momen dengan berfoto juga jadi salah satu kegiatan yang tidak boleh terlupa.

2. Museum Dirgantara

Berbeda dengan museum kebanyakan yang memajangkan benda museum di dalam ruangan, Museum Dirgantara ini memajang barang-barang sejarah di alam terbuka. Sehingga pengunjung bisa bebas mengekspresikan diri untuk berfoto dengan benda pameran. Ambil posisi di dekat kendaraan tank perang dengan latar belakang laut, maka foto yang dihasilkan nampak seperti nyata. Tidak seperti berada di dalam museum, hasilnya akan jadi lebih keren.

Selain kapal tank, bermacam objek lain bisa ditemukan. Beberapa di antaranya adalah pesawat tempur model capung, peluru dan rudal zaman Belanda yang berukuran tinggi 1.5 meter, dan beberapa benda kedirgantaraan lainnya.

3. Waterboom Poci


Meskipun termasuk kecil jika dibandingkan dengan Waterboom di Ancol dan Waterboom Lippo Cikarang, namun waterboom Poci ini bisa membuat sensasi andrenalin yang berbeda saat kita mencobanya. Perosotan melingkar dengan panjang lintasan lebih dari 30 meter  ini berujung di kolam renang dengan air jernih dan segar.

Setelah puas melintasi Waterboom, cobalah berada di tengah tengah kolam renang. Inilah wahana utaman, teko raksasa atau masyarakat menyebutnya Poci setinggi 15 meter akan mengguyurkan air dalam jumlah banyak setiap beberapa menit. Sensasi kesegaran dan guyuran air teko raksasa itu membuat semua pengunjung yang berada di tengah kolam berteriak histeris. Untuk memasuki wahana ini, setiap pengunjung dikenakan tarif retribusi Rp. 10.000,-

4. Wisata kuliner

Tak afdhol rasanya mengunjungi Pantai Alam Indah tanpa mencoba kuliner khas Tegal yang banyak di jajakan di sepanjang garis pantai. Beragam makanan dan jajanan khas Tegal yang unik dan tidak mungkin Anda temui di tempat lain. Ada beragam kupat yang bisa dicoba di sini antara lain kupat glabed, ketupat dengan sayur santan kuning dicampur dengan ayam dan kerupuk mi khas Tegal.

Satu lagi kupat yang tidak boleh terlewat yaitu kupat bongkok. Campuran tauge, mi kuning dan bumbu olahan tempe bongkrek akan menggoda lidah. Ingin coba yang lain, coba sate blekok. Tidak dari ayam atau kambing, sate ini berasal dari burung pantai seperti bangau, lezat! Terakhir, sauto. Ini adalah makanan yang terdiri dari tauge, daging soun, daun bawang dan bumbu rahasia. Di kota lain, makanan ini disebut soto, namun bumbu rahasia membuat makanan khas Tegal ini berbeda dari yang lainnya.

Makanan khas tersebut bisa kita jumpai di kawasan Pantai Alam Indah (PAI). Menikmati makanan khas Tegal bisa dilakukan sambil lesehan dan berjemur di pantai atau bisa juga sambil duduk-duduk di saung yang sengaja didirikan oleh pengelola objek wisata di dekat pantai. Jika ingin lebih privat, Anda bisa memesan tempat khusus, yaitu di sebuah restoran kapal yang berada di tengah pantai. Restoran yang terbuat dari bangkai kapal ini berada di tengah pantai berjarak sekitar 20 meter dari daratan.

5. Kereta wisata & perahu wisata

Wahana ini difasilitasi oleh pengelola wisata khusus untuk Anda yang ingin berkeliling area objek wisata agar tidak terlalu menguras tenaga. Trek yang dilalui oleh kereta wisata adalah sepanjang pantai wisata PAI, dengan tarif Rp 5.000/orang, sama dengan tarif  perahu wisata. Bedanya perahu wisata ini akan mengantar anda mengelilingi perairan wisata Pantai Alam Indah. Jika penasaran, petugas perahu wisata akan mengantar Anda menuju bangkai kapal yang berada lebih dari 200 meter dari bibir pantai untuk sekadar berfoto.

Selain kereta wisata dan perahu wisata, di area wisata Pantai Alam Indah juga telah disediakan berbagai wahana untuk anak-anak. Kereta halilintar, komedi putar, kolam renang mini, dan wahana pendukung lainnya jadi surga tersendiri untuk anak-anak.

6. Belanja suvenir

Setelah puas mengelilingi objek wisata Pantai Utara Kota Tegal dan bergegas untuk melanjutkan perjalanan mudik Anda, tiba saatnya untuk membeli oleh oleh dan souvenir khas Tegal.

Suvenir berupa kaos Tegal, baju pantai dan pernak pernik lainnya bisa kita dapatkan di sepanjang area wisata Pantai Alam Indah. Biasanya para pedagang ini menjual dagangannya di area terbuka, sehingga bisa mengakrabkan diri dengan pembeli. Harganya cukup variatif, untuk kaos ukuran kecil berkisar Rp 10.000-15.000. Sedangkan ukuran dewasa dalam kisaran Rp 25.000-35.000.

Jadi, bagi Anda yang kebetulan musim Lebaran ini mudik dari Jakarta menuju Jawa tengah dan Jawa Timur serta melintas di daerah Pantura Tegal, mampirlah sejenak ke objek wisata Pantai Alam Indah (PAI). Selain untuk sekadar menghilangkan rasa lelah di perjalanan, berkunjung ke sini juga jadi pengalaman baru yang mungkin tak terlupakan. Semoga perjalanan Anda lancar untuk berlebaran di kampung halaman tercinta.
 
(http://travel.detik.com/read/2011/01/25/125247/1553994/1025/pantai-alam-indah--pai--tegal)

 

 

092288
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
91
112
971
90418
3992
5727
92288

IP Anda : 54.205.160.82
Tanggal/Jam : 25-04-2014 11:15:22
KOTATEGAL.COM @2013